Kamis, 06 Desember 2012

latar belakang perikanan Ciamis



Ciamis adalah salah satu Kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat dengan luas wilayah kabupaten ciamis mencapai 244.479 ha. Wilayah Kabupaten Ciamis Berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia yang membentang di 6 kecamatan dengan dengan panjang mencapai 91 km. Dengan adanya garis pantai tersebut , Kabupaten Ciamis memiliki wilayah laut seluas 67.479 ha. Dengan luasnya laut dan panjang garis pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Ciamis menjadikan profesi nelayan banyak diminati oleh masyarakat setempat. Jumlah nelayan di kabupaten ciamis mencapai 3.826 yang didominasi oleh nelayan tradisional.
  Nelayan tradisional di Kabupaten Ciamis ini memiliki kendala dalam melakukan usaha penangkapan ikan salah satu nya yaitu masih mengalami ketergantungan pada musim (Musim Barat dan Musim Timur). Sehingga hasil tangkapan yang di peroleh belum mencapai nilai yang maksimal pada musim barat.
Oleh sebab itu dinas perikanan dan kelautan sebagai pelayan masyarakat nelayan mencoba untuk membantu agar  dapat manghasilkan tangkapan yang maksimal dan tetap menjaga kelestarian sumberdaya alam hayati yang pada akhirnya akan bermuara pada peningkatan hasil produksi penangkapan laut dan  kesejahteraan masyarakat nelayan. Maka pemerintah akan memberikan bantuan berupa alat tangkap jaring tingker atau mini purseine untuk wilayah Kabupaten Ciamis yang dapat digunakan sebagai alat penangkap ikan kombinasi (Combine fishing).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar