Minggu, 02 Desember 2012

Latar belakang Tentang Pelabuhan Jawa Barat




Pembangunan Perikanan dan Kelautan sebagai integral dari pembangunan Ekonomi Nasional memiliki tujuan antara lain untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan nelayan dan pembudidaya. Jawa Barat sebagai salah satu provinsi yang memiliki potensi sumberdaya Perikanan yang cukup besar, diharapkan dapat menjadi Prime Over pertumbuhan ekonomi melalui pemanfaatan potensi sektor Perikanan dan Kelautan tersebut.
               Provinsi Jawa Barat dengan panjang pantai 805 Km yang terbentang di pantai utara dan selatan Jawa Barat memiliki potensi Perikanan Tangkap sebesar 260.000 Ton/Tahun dan pada tahun 2011 mampu menghasilkan produksi perikanan tangkap sebesar 172.747,76 Ton/Tahun.
Sarana Prasarana Perikanan Tangkap sangat menentukan dalam peningkatan produksi yang didaratkan dan peningkatan mutu hasil tangkapan. Pelabuhan Perikanan yang ada Di Jawa Barat terdiri dari 2 PPN yaitu di Pelabuhanratu Sukabumi dan Kejawanan Cirebon, keberadaan 2 PPN tersebut sangat strategis dalam mendukung pembangunan Perikanan dan Kelautan Jawa Barat, selain itu di pantai utara saat ini telah ada PPI Karangsong Indramayu yang memiliki fasilitas sebagai Pelabuhan Perikanan yang cukup lengkap dan menyumbang hampir 40% produksi Perikanan Tangkap Jawa Barat, sementara itu di Pantai Selatan sedang di kembangkan PPI Cikidang dan PPI Pamayangsari yang cukup representative sebagai pusat pertumbuhan ekonomi melalui aktivitas Pelabuhan Perikanan.
               Produksi Perikanan Tangkap Jawa Barat sebagian dipasarkan untuk pasar ekspor, baik ke Eropa, Amerika, maupun ke Timur Tengah serta Negara Asia lainnya, potensi Perikanan Tangkap terutama ZEE yang ada di Pantai Selatan Jawa Barat pemanfaatannya belum optimal karena terbatasnya penguasaan sarana, perlengkapan dan terbatasnya prasarana penunjang seperti Pelabuhan Perikanan.
               Sesuai dengan amanat peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan NO. 8 Tahun 2012 tentang Kepelabuhanan Perikanan. Oleh karena itu menjadi sangat penting pembangunan Pelabuhan Perikanan dalam mendukung tercapainya Visi Jawa Barat “ Tecapainya Masyarakat Jawa Barat yang Mandiri, Dinamis dan Sejahtera”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar