Senin, 23 April 2012

Ikan tertarik oleh cahaya

             Ikan tertarik pada cahaya melalui penglihatan dan rangsangan melalui otak. peristiwa tertariknya ikan pada cahaya disebut phototaxisa. dengan demikian, ikan yang tertarik oleh cahaya hanyalah ikan-ikan fototaxis, yang umumnya adalah ikan-ikan pelagis dan sebagian kecil ikan demersal, sedangkan ikan-ikan yang tidak tertarik oleh cahaya atau menjauhi cahaya biasa disebut fotophobi (ada pula yang menyebutnya sebagai fotoaxis negatif seperti gunarso,1985)
            ada beberapa alasan mengapa ikan tertarik oleh cahaya, antara lain adalah penyesuuaian intensitas cahaya dengan kemampuan mata ikan untuk menerima cahaya. dengan dmikian, kemampuan ikan untuk tertarik pada suatu sumber cahaya yang rendah, tetapi adapula ikan yang senang terhadap intensitas rendah , tetapi adapula ikan yang senang terhadap intesitas cahaya tinggi. namun ada ikan yang mempunyai kemampuan untuk tertarik oleh cahaya mulai dari intensitas yang rendah sampai yang tinggi.
            Pada ikan diketahui bahwa rangsangan cahaya 0,01-0,001 Lux, ikan sudah memberikan reaksi. Ambang cahaya tertinggi untuk ikan belum banyak diteliti, walau banyak diketahui bahwa berbagai jenis ikan laut pada umumnya selalu berusaha untuk meningkatkan sensitifitasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar