Senin, 23 April 2012

Purse seine

Purse seine adalah alat (gear) yang digunakan untuk menangkap ikan pelagic yang membentuk gerombolan. purse seine pertama kali dipergunakan di perairan Rhode Island untuk menangkap ikan Menhaden. selanjutnya purse seine dipatenkan atas nama Berenr Velder dari Bergen di Norwegia pada tanggal 12 Maret 1859. Pada tahun 1860 alat ini telah digunakan diseluruh Pantai Atlantik di Marekia Serikat.

Berdasarkan data Statistik Tahun 1962, perikanan purse seine menghasilkan sebanyak 15,1 % dari total hasil tangkapan berbagai alat tangkap di jepang. dengan demikian Purse seine merupakan alat penangkap ikan yang penting baik untuk perikanan pantai maupun perikanan Lepas Pantai.

Prinsip menangkap ikan dengan purse seine ialah melingkari gerombolan ikan dengan jaring, sehungga jaring tersebut membentuk dinding vertikal dengan demikian gerakan ikan ke arah horisontal dapat dihalangi. setelah itu, bagian bawah jaring dikerucutkan untuk mencegah ikan lari ke arah bawah jaring

Panjang Purse seine tergantung pada dimensi kapal, waktu operasi dan jenis ikan yang akan di tangkap. purse seine yang ditujukan untuk operasi penangkapan pada siang hari adalah lebih panjang dari purse seine yang dioperasikan pada malam hari. begitu pula untuk jenis ikan, untuk menangkap jenis ikan tuna purse seine harus lebih panjang karena jenis ikan ini termasuk jenis ikan perenang cepat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar