Rabu, 11 April 2012

sektor perikanan pelabuhan ratu


Sektor Kelautan & Perikanan

Selasa, 30 Maret 2010 04:05 Administrator
E-mailCetakPDF
Potensi kelautan dan perikanan Kabupaten Sukabumi sangatlah besar. Fakta yang ada menunjukan bahwa wilayah pesisir pantai di Kabupaten Sukabumi cukup panjang yakni sepanjang 117 Km, yang membentang dari Kecamatan Tegalbuleud yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur, sampai dengan Kecamatan Cisolok yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebak. Luas lahan produksi perikanan laut diukur dari garis pantai sampai 4 mil laut adalah seluas 702 Km². Pengembangan investasi perikanan yang sudah dilakukan saat ini masih jauh dari jumlah potensi kelautan yang tersedia. Pengelolaan kelautan belum dilakukan secara optimal. Pengembangan usaha dan investasi dalam bidang kelautan terutama perikanan laut, masih terbuka lebar.

Selain perikanan, potensi kelautan yang tersedia masih terlampau banyak. Seperti pengelolaan terumbu karang, rumput laut, dan lain sebagainya.

PERIKANAN LAUT
Meskipun panjang pesisir pantai yang membentang sepanjang 117 Km dan fishing ground seluas 702 Km², namun pengembangan usaha perikanan laut hanya dilakukan di enam Kecamatan saja, yaitu Kecamatan Pelabuhanratu, Cisolok Ciemas, Ciracap, Simpenan, dan surade. Sarana pendukung pengembangan usaha dan investasi potensi perikanan  laut yang terdapat di Kabupaten Sukabumi antara lain tersedianya Pelabuhan perikanan nusantara di Pelabuhanratu, 2 lokasi tempat pelelangan ikan di Kecamatan Cisolok yakni di Pajagan dan Cibangban, dan 2 lokasi tempat Pelelangan ikan di Kecamatan Pelabuhanratu, serta tempat Pelelangan ikan yang ada di Ciemas, Ciracap, Surade, dan Simpenan.

Jumlah ikan yang dilelang di wilayah Kabupaten Sukabumi pada tahun 2007 adalah sebanyak 8.236,64 ton senilai Rp. 45.301.800.000. Daerah penghasil ikan laut terbesar pda tahun 2007 adalah Kecamatan Pelabuhanratu dengan jumlah produksi 6.592,98 ton atau senilai Rp. 36.261.390.000, dan penghasil ikan terkecil adalah Kecamatan Cibitung dengan jumlah produksi 24,70 ton atau senilai Rp. 136.125.000. Diantara ikan laut yang dihasilkan nelayan di wilayah kelautan Kabupaten Sukabumi adalah ikan Cakalang, ikan Tuna, ikan Cucut, ikan Layur, dan ikan Hias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar