Rabu, 11 April 2012

klasifikasi Jaring Jodang


1.Definisi dan Klasifikasi
Jaring jodang adalah jaring yang digunakan untuk menangkap kerang atau siput. Jaring jodang termasuk kedalam kelas perangkap dan penghadang (trap and guiding barrier). Karena jodang diopersikan di dasar, maka jaring jodang termasuk kedalam perangkap dasar. (Dirjen Perikanan 1999)

2.      Alat Penangkapan Ikan
Jaring jodang terbuat dari jaring dengan ukuran yang berbeda, bagian atas jaringnya lebih kecil dan halus sedangkan bagian bawah lebih kasar dan mesh size nya lebih besar. Rangka jodang terbuat dari besi dan kawat yang bagian atasnya dihubungkan dengan tali untuk memudahkan pengoperasian. Bagian atas berfungsi sebagai bukaan dan bagian bawah berfungsi sebagai dasar perangkap. Tiap lembaran jaring memiliki ukuran yang berbeda-beda. (Winugroho, 2007)
Parameter utama dari jarring jodang adalah bukaan mulut jaring jodang. (Winugroho, 2007)

3. Kelengkapan Alat dalam Unit Penangkapan Ikan
3.1 Kapal
Kapal atau perahu yang digunakan dalam operasi penangkapan jaring jodang adalah perahu congkreng. Perahu dilengkapi dengan kayu penyeimbang (katir) pada sisi kiri dan kanannya. (Naja, 2004)
3.2 Nelayan
Jumlah nelayan yang mengoperasikan jaring jodang adalah 1-2 orang. Nelayan bertugas mencari tempat yang tepat untuk menempatkan jaring jodang dan menunggunya sampai ikan masuk kedalam jodang. (Naja, 2004)
3.3 Alat Bantu
Dalam pengoperasian jaring jodang nelayan tidak menggunakan alat bantu. (Winugroho, 2007)
3.4 Umpan
Umpan yang digunakan dalam pengoperasian jaring jodang adalah ikan pepetek dan ikan rucah. (Winugroho, 2007)

4.  Metode pengoperasian alat
Dalam operasioanalnya nelayan memberikan umpan untuk menarik perhatian kerang agar masuk kedalam perangkap. Jaring jodang yang telah diberi umpan diturunkan kedasar perairan dan dibiarkan beberapa lama. Jika dirasa waktu telah cukup, maka jodang diangkat dan selanjutnya diambil kerang yang terperangkap didalamnya. (Winugroho,2007)

5.      Daerah pengoperasian
Jaring jodang dapat dioperasikan didaerah yang banyak terdapat kerang. Biasanya diperairan yang dangkal atau pada perairan yang dasarnya berlumpur / berpasir. Jodang juga dioperasikan didaerah pantai yang memang terdapat banyak kerang. (Winugroho,2007)

6.  Hasil tangkapan
Hasil tangkapan dari jaring jodang adalah kerang (Anadara sp.), kepitng siput. Dan hasil sampingannya adalah manyung (Arius spp), kwe (Caranx spp), bronang (Siganus spp), ekor kuning (Caesio spp), gulamah (Sciena spp), dll. (Naja, 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar